TIPS BELAJAR : Cara Belajar Efektif dan Efisien
ilmu akuntansi

Cara Belajar Efektif

3
Cara Belajar Efektif

Cara Belajar Efektif

Menurut The Liang Gie ada 4 macam Cara Belajar Efektif yaitu:  Keteraturan Cara Belajar Efektif, Disiplin belajar, Konsentrasi dan  Pemakaian perpustakaan (The Liang Gie, 1988 : 57 – 65)

Ada beberapa Tips/Cara Belajar Efektif, silahkan disimak:

1) Keteraturan dalam belajar



Cara belajar yang efisien mengandung asas-asas tertentu yang tidak saja untuk dipahami melainkan lebih dihayati sepanjang masa dalam belajarnya. Asas adalah suatu dalil umum yang dapat diterapkan pada suatu rangkaian kegiatan untuk menjadi petunjuk dalam melakukan tindakan-tindakan.

Dalam belajar yang baik / cara belajar yang efektif efi­sien, yang menjadi pokok pangkal pertama ialah adanya suatu keteraturan, baik dalam belajar, mencatat ataupun menyimpan alat-alat perlengkapan untuk belajar.

2) Disiplin belajar

Asas lain cara belajar yang baik ialah disiplin. Dengan jalan berdisiplin untuk melaksanakan pedoman-pedoman yang baik di dalam usaha belajar, barulah seseorang mempunyai cara belajar yang baik. Karena berdisiplin selain akan membuat seseorang memiliki kecakapan mengenai cara belajar yang baik juga merupakan suatu proses kearah pembentukan watak yang baik yang akan menciptakan pribadi yang luhur. Dengan demikian cara belajar yang baik adalah suatu kecakapan yang dapat dimiliki seseorang dengan jalan latihan.

3) Konsentrasi

Setiap orang yang sedang menuntut ilmu harus melakukan konsentrasi dalam belajarnya, karena tanpa konsentrasi dalam belajarnya, tak mungkin berhasil menguasai   pelajaran  yang  diberikannya.   Konsentrasi   adalah   pemusatan pikiran terhadap suatu hal dengan menyampaikan semua hal lainnya yang tidak berhubungan.

4) Pemakaian perpustakaan

Selain keteraturan, disiplin dan konsentrasi masih ada satu hal lagi yang perlu dijadikan pedoman, yaitu perpustakaan, sebab tidak ada belajar yang dapat dilaksanakan tanpa bacaan dan gudang bacaan itu hanya terdapat dalam perpustakaan .

Perlunya pemakaian kepustakaan sebab tidak ada belajar yang dapat dilaksanakan tanpa buku bacaan, minat baca untuk meningkatkan prestasi belajar.

demikian beberapa tips/Cara Belajar Efektif mudah-mudahan bermanfaat

 Tips Cara Belajar Efektif

Musim penghujan, rumah anda belum ada kanopinya? Lihat harga dan model terbaru => Daftar Harga!


Artikel yang terkait dengan Cara Belajar Efektif :

Dapatkan update terbaru via Twitter @belajarpsikolog, atau ikuti komunitasnya di Facebook

3 Responses

  1. Tips Belajar efektif says:

    Makasih sob atas infonya.
    Sangat bermanfaat. Salam kenal

  2. Rina Rohma Febriana says:

    terimakasih atas tips-tips yang anda berikan , semoga saya dapat mengaplikasikan nya dalam kehidupan sehari-hari :)

  3. jenny says:

    ada lagi tambahan nya : 5. Pemakaian Internet :)

Proudly designed by Theme Junkie.