ALAT UKUR PRESTASI : Cara Mengukur Prestasi Belajar
ilmu akuntansi

Cara Mengukur Prestasi Belajar

5

Cara mengukur prestasi belajar yang selama ini digunakan adalah dengan mengukur tes-tes, yang biasa disebut dengan ulangan. Tes dibagi menjadi dua yaitu: tes formatif dan tes sumatif. Tes formatif adalah tes yang diadakan sebelum atau selama pelajaran berlangsung, sedangkan tes sumatif adalah tes yang diselenggarakan pada saat keseluruhan kegiatan belajar mengajar, tes sumatifmerupakan ujian akkhir semester.

Menurut Suharsimi Arikunto dalam bukunya Evaluasi Pendidikan (1986: 26) menyebutkan “ Tes dibedakan menjadi tiga macam yaitu tes diagnostik, tes formatif, tes sumative

  1. Tes diagnostik adalah tes yang digunakan untuk menentukan kelemahan dan kelebihan siswa dengan melihat gejala-gejalanya sehingga diketahui kelemahan dan kelebihan tersebut pada siswa dapat dilakukan perlakuan yang tepat.
  2. Tes formatif adalah untuk mengetahui sejauh mana siswa telah memahami suatu satuan pelajaran tertentu. Tes ini diberikan sebagai usaha memperbaiki proses belajar.
  3. Tes sumatif dapat digunakan pada ulangan umum yang biasanya dilaksanakan pada akhir catur wulan atau semester. Dari tes sumatif inilah prestasi belajar siswa diketahui. Dalam penelitian ini evaluasi yang digunakan adalah dalam jenis yang di titik beratkan pada evaluasi belajar siswa di sekolah yang dilaksanakan oleh guru untuk mengetahui prestasi belajar siswa.

Sebagaimana yang telah diuraikan di atasbahwa tes ini  dilaksanakan dengan berbagai tujuan. Khusus terkait dengan pembelajaran, tes ini dapat berguna untuk mendeskripsikan kemampuan belajar siswa,  mengetahui tingkat keberhasilan PBM, menentukan tindak lanjut hasil penilaian, dan memberikan pertanggung jawaban (accountability).



Musim penghujan, rumah anda belum ada kanopinya? Lihat harga dan model terbaru => Daftar Harga!


Artikel yang terkait dengan Cara Mengukur Prestasi Belajar :

Dapatkan update terbaru via Twitter @belajarpsikolog, atau ikuti komunitasnya di Facebook

5 Responses

  1. awaxbadan says:

    cukup buat bahan bacaan n tmbahan referensi.
    thx n mg sukses bozzz

  2. agunk says:

    baik bisa wat referensi

  3. yang perlu diperhatikan dalam test adalah membuat orang merasa nyaman untuk melakukan test dan tidak merasakan ini adalah ancaman yang memuat mereka tidak optimal untuk mengerjakan test tersebut. karena hari ini mungkin sebagian guru merasakan pendidikan yang tolak ukurnya test sumatif misalkan adalah beban dan bagi murid adalah ancaman yang menakutkan hingga sebagian nya berbuat kecurangan dengan mencontek dan sebagian yang lain malaluinya dengan tanpa benar-benar memaksimalkan kemampuannya.

  4. gadget keren says:

    bagus banget, bisa nambah ilmu, update terus yaa…

Proudly designed by Theme Junkie.