Cara Meningkatkan Harga Diri
ilmu akuntansi

Cara Meningkatkan Harga Diri

8

Cara Meningkatkan Harga Diri

Sudah saya kupas pada postingan sebelumnya bahwa harga diri adalah penilaian individu terhadap kehormatan diri, melalui sikap terhadap dirinya sendiri yang sifatnya implisit dan tidak diverbalisasikan dan menggambarkan sejauh mana individu tersebut menilai dirinya sebagai orang yang memeiliki kemampuan, keberartian, berharga, dan kompeten.

Begitu sangat pentingnya harga diri untuk selalu ditingkatkan untuk dapat mencapai hidup yang memiliki derajad dan martabat yang tinggi. Berawal dari diri sendirilah harga diri akan tumbuh.

Berikut ada tips dan trik untuk menumbuhkan dan meningkatkan harga diri (versi choose to be happy) :

  1. Belajar untuk selalu menghargai diri sendiri. walaupun terkadang orang lain memandang diri anda rendah tapi tetapkan keyakinan anda bahwa andalah yang berhak atas hidup anda dan anda yang paling mengerti diri anda.
  2. Belajar untuk menyukai diri sendiri. Menyukai diri sendiri berarti menerima diri apa adanya. dan belajar untuk mengembangkan potensi yang dimiliki. Lihat sisi positif dari diri anda, adn yang paling penting adalah bersyukur untuk segala yang kita miliki.
  3. Miliki gambar diri yang positif. hal ini berhubungan dengan penerimaan diri. gambar diri adalah cara pandang anda terhadap diri anda. yakinkan diri anda kalau anda layak untuk berhasil, anda pantas untuk dicintai dan dihargai, anda adalah pribadi yang special. Ingatlah bahwa gambar diri anda mmpengaruhi perilaku anda.
  4. Lakukan apa yang anda anggap penting. walaupun anda merasa anda tidak mampu karena anda malu dan takut, paksakan diri anda untuk melalui proses itu. percayalah bahwa ternyata diri anda mampu untuk melakukannya. yang perlu diingat adalah semakin kita paksakan untuk melalu proses yang tidak enak, semakin anda memperluas daerah teritori kenyamanan anda.
  5. Belajar untuk hidup mandiri, tidak tergantung dengan orang lain, sehingga anda tidak rentan terhadap penolakan.
  6. Jangan menghubungkan harga diri anda dengan kegagalan atau kesalahan yang anda lakukan. tanamkan pada diri anda untuk tidak menyerah pada keadaan.
  7. Miliki konsep diri yang benar tentang harga diri, bahwa harga diri berasal dari dalam bukan dari luar diri kita. bukan terletak pada materi yang kita peroleh, kesuksesan yang kita peroleh karena materi dan kesuksesan hanya menumbuhkan harga diri semu dan tidak dapat bertahan selamanya.
  8. Hargai diri sendiri, jangan tolak pujian sederhana yang dikatakan orang mengenai kita. terima itu dan berpikir lebih maju lagi. hati-hati bila ada kata-kata dibeak anda seperti “aku memang bodoh”, ” aku memang gak bisa”, “alah ini cuma mimpi , gak mungkin jadi nyata”. kata2 beracun ini akan merusak harga diri anda yang anda bangun perlahan-lahan.

Semoga setelah membaca postingan ini anda dapat meningkatkan harga diri dan kualitas hidup anda. Semoga bermanfaat!!



Cara Meningkatkan Harga Diri

Baca juga :  Faktor Yang Mempengaruhi Harga Diri

Musim penghujan, rumah anda belum ada kanopinya? Lihat => Harga Kanopi


Artikel yang terkait dengan Cara Meningkatkan Harga Diri :

Dapatkan update terbaru via Twitter @belajarpsikolog, atau ikuti komunitasnya di Facebook

8 Responses

  1. indotopten says:

    Account Anda telah disetujui admin INDOTOPTEN, login dan copy paste banner untuk mengetahui daftar statistik dan rangking web Anda..
    Terima kasih…

  2. uchiha ben says:

    siip bgt bro..

  3. uchiha ben says:

    siip bgt br0,bisa nambah refrensi..

    • arya says:

      makasih dah berkunjung………

    • diery says:

      kalo harga diri remaja di panti asuhan gimana y? mereka kahn getol2nya bangun image tapi mereka melekat dgan judgemant anak panti, gmn tu ma harga diri mereka?

Proudly designed by Theme Junkie.