PIDATO SINGKAT : Contoh Pidato Singkat
ilmu akuntansi

Contoh Pidato Singkat

1

Contoh Pidato : Contoh Pidato Singkat

Berpidato adalah berbicara di depan umum dengan cara tertentu untuk mencapai tujuan tetentu. Ada beberapa cara dalam berpidato, ada yang panjang ada juga yang singkat. Biasanya pendengar pidato lebih suka mendengarkan pidato singkat. Selain itu yang mereka senangi adalah pidato singkat, padat, tepat, dan mudah diingat. Dibawah ini akan kita bahas mengenai pidato singkat beserta contoh pidato singkat. Kenapa saya membahas pidato singkat karena dalam suatu acara ada beberapa yang mengharuskan berpidato singkat. Oleh karena itu saya memberikan contoh pidato singkat.

Pidato singkat memang sudah memikat. Daya pikatnya terletak pada pemenuhan kebutuhan dan keinginan pendengar. Pendengar butuh informasi, pendengar ingin langsung saja. Keinginan pendengar ini ada kemungkinan dipengaruhi oleh merebaknya iklan yang dilihat setiap hari. Iklan, baik dalam media cetak maupun dalam media elektronik, selalu berupaya tampil singkat, akurat, memikat, dan mudah diingat. Namun, perlu diingat bahwa pidato singkat yang disukai pendengar bukan pidato singkat yang terlalu singkat. Pidato yang terlalu singkat akan kehilangan daya pikat.

 Contoh Pidato Singkat

Contoh Pidato Singkat



Contoh Pidato Singkat Profesor

Contoh nyata telah disampaikan oleh seorang profesor yang waktu itu menjabat sebagai Pembantu Rektor 1 sebuah perguruan tinggi di Jawa Timur.

“Saudara-saudara, tepatilah waktu.”

Barangkali, itulah pidato yang paling singkat di dunia. Begitu tampil di mimbar, sang Profesor hanya mengucapkan pidatonya selama lima detik. Isinya hanya tiga kata. Tidak ada salam, tidak ada pembuka, dan juga tidak ada kata-kata penutup. Selesai mengucapkan pidato tiga kata itu, sang Profesor turun dari mimbar dan langsung duduk kembali. Banyak pendengar belum menyadari bahwa pidato sang Profesor sudah selesai. Mereka berpandangan, bertanya-tanya dalam hati. Ada pula yang berdiri melihat sang Profesor yang sudah duduk kembali di tempat semula. Setelah lahu apa yang terjadi, mereka tertawa terpingkal-pingkal. Suasana ruang tempat upacara mendadak menjadi gemuruh seperti ratusan lebah keluar dari sarang. Meskipun demikian, pendengar yang sebagian besar mahasiswa itu mampu mengingat isi pidato sampai beberapa tahun kemudian atau bahkan ingat selamanya.

Kekurangan Pidato Singkat

Pidato singkat memang mudah diingat, tetapi tidak memikat. Mengapa? Kebutuhan dasar pendengar belum terpenuhi atau baru terpenuhi sebagian saja. Apa kebutuhan pendengar? Pendengar butuh informasi lengkap tentang siapa, kapan, di mana, bagaimana, dan mengapa. Pidato yang terlalu singkat jelas tidak akan dapat memenuhi kebutuhan pendengar sebab pembicara belum sempat membangkitkan imajinasi pendengar dengan susunan kata yang memberikan gambaran lengkap dan jelas. Pembicara belum sempat menggelitik rasa keingintahuan pendengar. Jadi, pidato singkat memikat adalah pidato singkat yang sudah menjawab pertanyaan tentang siapa, kapan, di mana, bagaimana, dan mengapa.

Tidak selamanya isi sebuah pidato dapat disampaikan secara singkat. Sebab, untuk mencapai tujuan tertentu memang diperlukan uraian panjang lebar. Pembicara kadang-kadang harus menyampaikan banyak hal untuk menjelaskan sesuatu. Kadang-kadang pembicara harus pula menyampaikan bukti, contoh, dan alasan yang sulit dibantah untuk meyakinkan pendengar. Lebih-lebih jika waktu dan situasi memang men­dukung untuk menyampaikan pidato panjang.

Panjang singkat sebuah pidato sebenarnya relatif. Mengapa? Yang mengatakan panjang atau singkat itu sebenar­nya pendengar. Dapat saja pidato yang lamanya hanya sepuluh menit sudah dianggap terlalu panjang karena memang membosankan. Sebaliknya, pidato yang memakan waktu satu jam atau lebih masih dianggap singkat karena pendengar tertarik dan masih ingin mendengarkan terus. Itulah sebabnya pembicara harus memilih salah satu dari dua pilihan, yaitu singkat padat atau panjang menantang.

Pidato singkat padat dapat dilaksanakan jika pembicara langsung menyampaikan pesan atau isi pidato secara langsung. Basa-basi dan ucapan-ucapan klise yang kurang berarti ditinggalkan. Yang diucapkan hanya kata-kata yang benar-benar mendukung pesan yang akan disampaikan saja. Penghematan kata-kata dilakukan agar pidato singkat. Pidato singkat padat sudah mempunyai daya pikat karena memenuhi kebutuhan dan keinginan pendengar. Pendengar butuh informasi dan pendengar ingin informasi disampaikan secara langsung saja. Sekurang-kurangnya, pidato singkat tidak sampai membuat pendengarnya bosan. Sebaliknya, pidato panjang yang tidak menarik perhatian akan mengakibatkan pendengar bosan dan bahkan dapat menjengkelkan. Jika terjadi demikian, yang dipikirkan pendengar bukan isi pidato, melainkan hanya berharap agar pidato itu segera selesai. Oleh karena itu. jika pembicara memilih pidato panjang, harus yang panjang menantang. Artinya, menantang perhatian pendengar agar selalu tertarik dari awal sampai akhir pidato. Untuk itu, pembicara harus berupaya sungguh-sungguh agar pidatonya penuh daya pikat.

Contoh Singkat Pidato

Secara sederhana keseluruhan pidato yang diucapkan ole pembicara itu dapat dipisahkan menjadi tiga bagian, yait (1) pembukaan,(2) isi, dan (3) penutup. Adapun hal-hal yan mungkin terdapat dalam bagian-bagian itu (tidak harus semu mungkin juga hanya satu) adalah sebagai berikut. Bagian contoh pidato singkat….

1.  Pembukaan

a.  Perkenalan diri pembicara

b.   Gambaran umum tentang isi pidato

c.   Humor sebagai penyegar

d.   Penyiapan pikiran pendengar terhadap isi pidato

e.   Ilustrasi yang relevan dengan isi pidato

f.  Lain-lain

2.    Isi atau Uraian

a.   Penjelasan

b.   Alasan

c.   Bukti yang mendukung

d.   Ilustrasi

e.   Contoh

f.    Angka

g.   Perbandingan

h.   Kontras

i.    Diagram

j.  Histogram

k.  Model

I.  Cerita yang relevan m. Humor yang relevan n. Lain-lain

3.    Penutup

a.   Simpulan isi pidato

b.   Ajakan untuk melakukan sesuatu

c.   Ramalan yang berhubungan dengan isi pidato

d.   Penegasan isi pidato

c.   Lain-lain

Apakah anda sudah jelas setelah melihat contoh pidato singkat di atas? Apa anda sudah tau langkah membuat pidato seperti contoh pidato singkat tersebut. Oke kembali pada permasalahah yaitu contoh pidato singkat. Ada perbedaan waktu antara pidato yang singkat dan pidato yang panjang.

Waktu yang digunakan uniuk menyampaikan pembukaan, isi atau uraian, dan penutup tentu tidak sama. Untuk pidato singkat, yaitu pidato yang hanya memerlukan waktu lima menit, pengaturannya adalah pembukaan satu menit, isi tiga menit, dan penutup satu menit..

Untuk pidato panjang, pembukaan disarankan tidak melebihi sepersepuluh dari seluruh pidato. Kemudian, isi atau uraiannya sekitar delapan persepuluh dan penutupnya sepersepuluh atau lebih singkat lagi. Jadi, perbandingan waktu antara pembukaan, isi, dan penutup pidato adalah 1:8:1. Tentu saja perbandingan itu tidak mutlak. Artinya, dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan situasi yang ada pada saat pidato dilaksanakan.

Nah demikianlah ulasan tentang pidato singkat, dan contoh pidato singkat yang bisa ada gunakan untuk pedoman membuat naskah pidato singkat. Sekian dari saya nantikan artikel selanjutnya yang juga akan membahas tentang contoh pidato singkat.

Musim penghujan, rumah anda belum ada kanopinya? Lihat => Harga Kanopi Baja Ringan!


Artikel yang terkait dengan Contoh Pidato Singkat :

Dapatkan update terbaru via Twitter @belajarpsikolog, atau ikuti komunitasnya di Facebook

One Response

  1. thank’s bro atas informasinya, sudah cukup membantu. tapi kalo bisa saya sarankan untuk lebih baiknya dikasih contoh pidatonya dalam bentuk teks jadi bro, jadi pembaca bisa mendapat sedikit gambaran atas apa yang udah mas bro sampein di atas. agar sedikit membantu apabila ada yang kurang jelas dalam penerimaan materi. mungkin begitu saja, kurang lebihnya saya minta maaf, lanjut dan sukses terus bro!!!

Proudly designed by Theme Junkie.