Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah

Contoh Surat izin tidak masuk sekolah seperti yang akan saya ulas biasanya dibuat ketika siswa tidak dapat mengikuti pelajaran disekolah dikarenakan suatu hal. Biasanya yang membuat surat izin adalah orang tua atau wali murid. Beda halnya jika tidak masuk kerja. Surat izin tidak masuk kerja ditulis oleh orang yang bersangkutan.

Contoh Surat izin tidak masuk sekolah seperti dibawah ini harus dibuat oleh orang tua agar anaknya disekolah tidak ditulis Alpa, karena beberapa sekolah menerapkan peraturan yang mengharuskan kehadiran sekian persen dari total kegiatan belajar mengajar di sekolah. Untuk menghindari masalah yang terjadi akibat tidak masuk sekolah tanpa keterangan dibuatkanlah surat izin.

contoh surat izin tidak masuk sekolah

Tujuan dari surat izin adalah untuk memberitahukan kepada pihak sekolah bahwa anak atau siswa tidak dapat mengikuti pelajaran dikarenakan suatu hal, biasanya ditujukan untuk wali kelas. Misalnya sakit, atau ada urusan keluarga.

Cara Membuat Surat Izin Tidak Masuk Sekolah

Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan sebelum membuat surat izin tidak masuk sekolah yaitu antara lain :

  • Surat dibuat karena alasan yang benar adanya
  • Sebaiknya dibuat dengan tulisan tangan
  • Jika surat izin tidak masuk sekolah karena alasan sakit biasanya setelah hari ketiga menyertakan surat keterangan dokter.
  • Surat izin tidak masuk sekolah bisa dibuat oleh siswa sendiri atau dibuat oleh orang tua
  • Begitu pula surat izin tidak masuk sekolah karena keperluan atau urusan keluarga, surat bisa dibuat oleh siswa atau orang tua.
  • Surat izin termasuk kategori surat formal, oleh karena itu bahasa surat harus resmi dan formal dan gunakanlah bahasa yang baik dan benar yaitu sesuai EYD.

Sebelum melihat beberapa contoh surat izin tidak masuk sekolah dibawah ini, perlu diketahui dalam menulis surat izin sekolah, Setidaknya ada beberapa hal penting yang harus kamu perhatikan, seperti pengirim surat, alasan serta tujuan dari surat izin tersebut. Berikut pembahasan contoh surat izin selengkapnya.

Pengirim Surat Izin

Pengirim surat izin sangat penting ada dalam sebuah surat izin, Pengirim haruslah memuat informasi siapa yang mengirim surat tersebut dengan jelas. Umumnya dalam sebuah surat izin sekolah nama pengirimnya mencantumkan nama dari wali atau orang tua dari siswa yang berhalangan tidak masuk sekolah tersebut.

Alasan Dalam Surat Izin

Bagian ini menjelaskan alasan yang menyebabkan seorang siswa tidak bisa atau berhalangan hadir di sekolah. Misalnya karena sakit, urusan keluarga serta kebutuhan penting yang tidak dapat ditinggalkan lainnya.

Tujuan Untuk Siapa Surat Izin Dibuat

Bagian ini memuat informasi kepada siapa surat izin tersebut akan di tujukan. Apakah untuk Bapak/Ibu Kepala Sekolah atau kepada wali kelas siswa yang berhalangan hadir tersebut. Umumnya sebuah surat izin sekolah ditujukan kepada wali kelas siswa yang bersangkutan.

Baca juga :  Contoh Surat Lamaran Kerja

Peru kamu ketahui, Surat izin sekolah termasuk dalam kategori surat resmi. Nah dalam membuat surat resmi tentu kita juga harus memakai sebuah format standar surat resmi. Berikut ini merupakan poin-poin penting yang harus kamu sertakan dalam membuat surat izin :

  • Tanggal Surat
  • Alamat Surat
  • Salam Pembuka
  • Kalimat Pembuka Surat
  • Isi Surat
  • Salam Penutup
  • Nama Pengirim

 

Surat izin sakit biasanya hanya berlaku 3 hari dari dibuatkannya surat tersebut. Jika tidak masuk sekolah lebih dari 3 hari karena sakit harus menunjukkan surat keterangan sakit dari dokter atau klinik.

Nah, untuk format surat izin sakit seperti apa bisa dilihar contoh dibawah ini.

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Karena Sakit

Jakarta, ………………………
Kepada Yth. Bapak / Ibu Wali Kelas 7.1
di SMPN…………..
Dengan hormat,
Yang bertanda tangan dibawah ini saya Orang Tua / Wali dari :
Nama :……………………………..
Kelas :……………………………..
Bersama ini saya memberitahukan bahwa siswa tersebut tidak dapat
mengikuti pelajaran dikarenakan sakit. Oleh karena itu sudilah bapak/ibu memberikan izin.
Demikianlah surat ini saya buat. Atas perhatiannya saya ucapkan
terima kasih.
Hormat saya,
ttd
(Nama Orang Tua)

 

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Karena Kepentingan Keluarga

 

Jakarta, ………………………
Kepada Yth. Bapak / Ibu Wali Kelas 7.1
di SMPN…………..
Dengan hormat,
Yang bertanda tangan dibawah ini saya Orang Tua / Wali dari :
Nama :……………………………..
Kelas :……………………………..
Bersama ini saya memberitahukan bahwa siswa tersebut pada hari ini Senin, 17 Oktober 2017 tidak dapat mengikuti pelajaran dikarenakan ada kepentingan keluarga yang tidak dapat ditinggalkan. Oleh karena itu sudilah bapak/ibu memberikan izin.
Demikianlah surat ini saya buat. Atas perhatiannya saya ucapkan
terima kasih.
Hormat saya,
ttd
(Nama Orang Tua)

Biasanya untuk surat izin ini ditulis tangan, akan tetapi boleh juga diketik menggunakan komputer dengan menggunakan font Times New Roman. Selain surat izin ada beberapa ulasan Demikianlah ulasan mengenai contoh surat izin tidak masuk sekolah, semoga dapat membantu orang tua dan wali murid untuk membuatkan surat izin anaknya.