Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja yang Baik dan Benar

Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja yang Baik dan Benar

Surat pengunduran diri adalah surat yang dibuat untuk menyatakan bahwa dirinya berhenti bekerja dari tempat atau instansi di mana ia bekerja, baik itu bekerja di perusahaan swasta ataupun bekerja di kantor pemerintahan. Adakalanya anda mengalami titik jenuh pada instansi tersebut dan anda memilih untuk resign dari kantor anda untuk mendapatkan pengalaman baru dan pendapatan baru yang lebih tinggi di luar. Atau mungkin anda kurang puas dengan gaji yang anda dapatkan sekarang dan ingin mencari tempat baru yang mampu menggaji anda lebih tinggi.

contoh surat pengunduran diri kerja terbaru

Apapun alasan anda resign dari pekerjaan yang lama, anda harus membuat yang namanya surat pengunduran diri dari kerja. Mengapa kita harus membuatnya? Secara attitude anda masuk membuat surat lamaran pekerjaan anda keluarpun juga harus ada surat pengunduran diri (pepatah orang timur, datang tampak muka, pergi tampak punggung).

Baca juga : Surat Izin Tidak Masuk

Etika yang benar memang seperti itu. Hal ini adalah wujud dari penghormatan terhadap perusahaan yang telah memberikan pekerajaan anda selama ini. Selain itu jika anda bekerja di perusahaan besar dan anda mengundurkan diri tanpa membuat surat bisa berakibat fatal, nama anda bisa diblacklist dari rekanan perusahaan tersebut.

Di bawah ini kami memberikan contoh surat pengunduran diri kerja yang baik dan benar untuk berbagai tempat dan posisi. Namun sebelum itu, tak lupa kami menyertakan uraian apa tujuan dan manfaatnya surat tersebut dibuat. Apa pentingnya?

Apa Manfaat Membuat Surat Pengunduran Diri?

Surat resign adalah sebuah jenis surat resmi yang isinya menyampaikan permohonan kepada atasan untuk berhenti dari pekerjaan. Pada saat anda mengajukan resign, anda harus membuat alasan yang masuk akal dan logis. Diusahakan alasan utama yang terdapat pada surat tersebut adalah tidak menyinggung perusahaan atas keputusan Anda tersebut, meskipun mungkin sebenarnya keputusan Anda untuk resign adalah karena perusahaan Anda tersebut tidak cukup memberikan gaji yang lebih tinggi atau kenyamanan kepada karyawannya.

1. Anda lebih terhormat dan profesional

Setiap keputusan yang Anda ambil harus dibarengi dengan adab dan nilai-nilai kesopanan, jangan pergi menghilang begitu saja. Apalagi dalam hal dunia kerja, ada berbagai peraturan dan etika perusahaan yang harus Anda taati.

Ketika Anda mengundurkan diri dengan cara yang baik, secara resmi, maka perusahaan akan menilai Anda sebagai pribadi yang bertanggung jawab, terhormat serta mempunyai etika dan tata krama. Beda halnya jika Anda minggat dari perusahaan tempat Anda bekerja tanpa surat pengunduran diri atau langsung kabur.

2. Memberikan Perusahaan kesempatan untuk mencari pengganti untuk mengisi posisi yang Anda tinggalkan

Surat resign atau surat pengunduran diri kerja diajukan biasanya sebelum waktu Anda mengundurkan diri. Misalnya, Anda ingin mengundurkan diri pada tanggal 30 Desember 2017, anda harus membuat surat resign sebelum tanggal tersebut, Anda harus sudah mengajukan surat pengunduran diri.

Dengan demikian perusahaan dapat mempersiapkan diri untuk mencari pengganti anda agar pekerjaan yang anda tinggalkan sudah ada yang mengganti sehingga perusahaan akan tetap berjalan selepas anda mengundurkan diri. Hal ini akan memberikan kesan baik pada anda, berbeda jika anda tiba-tiba kabur, perusahaan akan memandang anda orang yang tidak bertanggung jawab, dan akan berakibat negatif bagi nama anda di dunia pekerjaan.

Baca juga : Contoh Surat Lamaran Kerja

Jika Anda memiliki niat untuk mengundurkan diri dari pekerjaan (resign), berikut ini kami siapkan contoh surat resign dengan beberapa posisi; ada contoh surat resign kerja, resign hotel, pengunduran diri organisasi, resign bank, perusahaan, dengan berbagai alasan yang baik dan sopan serta resmi.

Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Perusahaan

Kepada Yth,
HRD Manager (PT atau Nama Perusahaan Anda saat ini)
Di
Tempat

Melalui surat ini, saya (Nama Lengkap Anda) bermaksud untuk mengundurkan diri dari (PT atau Nama Perusahaan Anda saat ini) sebagai (Jabatan terakhir anda di Perusahaan) terhitung sejak tanggal (tanggal pengunduran diri).

Saya mengucapkan terimakasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk bekerja di (PT atau Nama Perusahaan Anda saat ini). Saya juga memohon maaf kepada seluruh karyawan dan manajemen (PT atau Nama Perusahaan Anda saat ini) apabila terdapat kesalahan yang telah saya lakukan selama bekerja.

Saya berharap semoga (PT atau Nama Perusahaan Anda saat ini) dapat terus berkembang dan selalu mendapatkan yang terbaik.

                                                                                                                 Jakarta, 12 Desember 2017
Hormat Saya,

                                                                                                                 (Nama Lengkap Anda)

Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Organisasi

Kepada Yth :
Ketua Umum DPP Partai Demokrat Bangsa
Bapak Dr.H.Jaka Abraham Sitompul
Di Jakarta

Assalamu’alaikum Wr.Wb

Dengan Hormat, kami sampaikan semoga Bapak Ketua Umum DPP Partai Demokrat Bangsa dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.

Bersama dengan surat ini, perkenankan saya menyampaikan beberapa hal sebagai berikut :

1Saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya Kepada Bapak Ketua Umum DPP Partai Demokrat Bangsa (PDB) yang memberi kepercayaan kepada saya untuk dapat menjadi bagian Pengurus Partai yang Bapak pimpin. Sebagai Ketua Majelis Partai Cabang DPC Partai Demokrat Bangsa Kabupaten Malang Masa Bakti 2012-2017, sesuai SK DPP Partai Demokrat Bangsa Nomor 56.06/SK/DPP.DP/DPC/V/2012.

Saya menilai PDB tetap harus konsisten memperjuangkan nilai-nilai moral, sosial dan budaya yang tengah mengalami krisis di bumi pertiwi yang tercinta ini. Saya pribadi akan selalu mendukung semangat perjuangan dalam hal ini.

Dengan demikian, dengan segala hormat kepada Bapak Ketua Umum PD, saya memohon pengertian Bapak bahwa mulai hari ini saya menyatakan Pengunduran Diri saya sebagai Ketua Majelis Partai Cabang DPC Partai Demokrat Bangsa Kabupaten Malang.

Keputusan yang sangat sulit ini memang perlu saya tetapkan agar saya dapat lebih fokus dalam memperjuangkan aspirasi politik yang saya yakini. Semoga Bapak dapat memahami keputusan saya ini, dan saya mohon keputusan ini tidak memutuskan tali persaudaraan dan tali silaturahmi diantara kita.

Terima kasih atas segala perhatian Bapak Ketua Umum DPP Partai Demokrat Bangsa selama ini.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Salam Hormat,

H.Ahmad Syaiful Assegaf

(contohsurat.org)

Surat Pengunduran Diri Dari Jabatan

Malang, 8 Mei 2017

Yth. Kepala UPT K3L UIN Malang
Prof. dra. Chelsi Lestari, M.Si., Ph. D
Di Kampus UIN, Malang

Dengan hormat,
Melalui surat ini, saya Diana Ramadhani, bermaksud untuk mengundurkan diri dari UPT K3L UIN Malang sebagai karyawan per tanggal 12 Mei 2017 dikarenakan mendapatkan pekerjaan baru.

Saya mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang pernah saya dapatkan untuk bekerja di UIN Malang, dan juga saya memohon maaf kepada seluruh karyawan dan manajemen UPT K3L UIN Malang jika terdapat kesalahan dan kekeliruan yang pernah saya perbuat selama saya bekerja.

Saya mengharapkan selalu UPT K3L UIN Malang dapat berkembang terus dan selalu menjadi yang terbaik. Demikian surat pengunduran diri ini saya buat, atas perhatian dan kerjasamanya diucapkan terima kasih.

Hormat Saya,
Diana Ramadhani (sharingkali.com)

Surat Pengunduran Diri Guru Sekolah

Kepada Yth.
Kepala SMK Negeri 2 Bekasi
Jln.Noenoeng Tisnasaputra Kahuripan Tawang Bekasi

Perihal          : Pengunduran Diri

Dengan Hormat,

Dengan Surat ini, saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama : H. Halim Abdul Said,S.Kom,Gr.
Tempat, Tanggal lahir : Jeddah, 30 Oktober 1988
Jabatan : Guru Teknik Komputer dan Jaringan
NUPTK : 1362766668137003
Alamat : Kp. Cariwuh RT 003 RW 04  Kel. Majuasri Kec. Bintang,   Kab. Bekasi

Secara resmi terhitung semenjak hari Senin tanggal 11 September 2017 Tahun 2017 menyatakan untuk mengundurkan diri sebagai Guru Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Negeri 2 Bekasi dikarenakan sudah mendapatkan Surat Keputusan CPNS  80% sebagai Guru Garis Depan 2016 dengan No.SK 813/429 TAHUN 2017 ,TMT 01-08-2017 yang ditempatkan di Sulawesi Tenggara, Kolaka Timur Unit Kerja di SMK Negeri 1 Ueesi.

Saya mengucapkan banyak terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya oleh pihak SMK Negeri 2 Bekasi untuk dapat bekerja serta mengajar, yang mana saya banyak mendapatkan ilmu baik secara moril dan materi. Tidak lupa saya juga memohon maaf yang sebesar besarnya kepada Bapak Kepala Sekolah SMK Negeri 2 Bekasi  dan kepada jajaran Komite, Guru, serta para staf SMK Negeri 2 Bekasi bilamana terdapat hal-hal yang tidak baik serta kurang berkenan yang saya lakukan selama saya bekerja.

Besar harapan saya bahwa SMK Negeri 2 Bekasi dapat menjadi sekolah yang  terus berprestasi baik dibidang akademik maupun non akademik dan terus melahirkan bibit-bibit unggul penerus bangsa.

Hormat Saya

Fakhru Rozi,S.Kom (sharingkali.com)

Contoh Surat Pengunduran Diri Doc

Download File Word disini Surat Pengunduran Diri Kerja DOC

Baca juga :  Friendship as Responsivity, Cooperation, and Coordination