PENYAKIT KELAMIN >> Macam-macam Penyakit Kelamin
ilmu akuntansi

Macam-macam Penyakit Kelamin

Penyakit KelaminSudah tahu berbagai macam-macam penyakit kelamin? Jika belum, semoga informasi dibawah ini berguna untuk mengenali berbagai penyakit kelamin, penularan penyakit kelamin  dan penyembuhannya.

Menurut Wikipedia.org, penyakit kelamin merupakan jenis penyakit yang disebabkan oleh kuman yang ditularkan melalui hubungan seks oral maupun melalui hubungan antar kelamin. Maka dari itu, untuk menghindari penyakit kelamin ini dianjurkan agar tidak melakukan hubungan seks secara sembarang dan tidak membabi buta. Setia pada pasangan atau menggunakan alat pengaman seperti kondom adalah alternatifnya.

Sebagian besar penyakit kelamin hingga saaat ini sudah ditemukan obatnya, kecuali penyakit Aids yang memang tidak hanya menular lewat hubungan kelamin tapi sebagian besar ditularkan melalui jarum suntik.

Berikut adalah beberapa penyakit kelamin beserta bakteri yang menyebakannya dan sekilas cara pencegahan dan pengobatannya, yang dikemukan Dr. Taylor dari Health Awareness Connection (HAC), Broklyn USA :

GONORRHEA & CHLAMYDIA

• Disebabkan oleh bakteri. Infeksi dimulai beberapa hari sampai beberapa minggu setelah hubungan intim dengan orang yang terjangkit penyakit kelamin ini;
  • Pada pria, penyakit kelamin ini menyebabkan keluarnya cairan dari kemaluan pria. Buang air kecil dapat terasa sakit. Gejala-gejala ini dapat terasa berat atau tidak terasa sama sekali;
  • Gejala-gejala gonorrhea pada wanita biasanya sangat ringan atau tidak terasa sama sekali, tetapi kalau tidak diobati penyakit kelamin ini dapat menjadi parah dan menyebabkan kemandulan;
  • Penyakit kelamin ini dapat disembuhkan dengan antibiotik bila ditangani secara dini.

HERPES

• Disebabkan oleh virus, dapat diobati tetapi tidak dapat disembuhkan;
  • Gejala timbul antara 3 sampai 10 hari setelah berhubungan intim dengan penderita penyakit kelamin  ini;
  • Gejala awal muncul seperti lecet yang kemudian terbuka menjadi lubang kecil dan berair;
  • Dalam 5 sampai 10 hari gejala hilang;
  • Virus menetap dalam tubuh dan dapat timbul lagi sesuatu saat, dan kadang-kadang sering;
  • Wanita kerap kali tidak sadar bahwa ia menderita herpes karena lecet terjadi di dalam vagina.

INFEKSI JAMUR

• Disebabkan oleh jamur;
  • Menyebabkan kegatalan berwarna merah di bawah kulit pria yang tidak disunat;
  • Pada wanita akan ke luar cairan putih kental yang menyebabkan rasa gatal;
  • Dapat disembuhkan dengan krim anti jamur.

SYPHILIS

• Disebabkan oleh bakteria. Lesi muncul antara 3 minggu sampai 3 bulan setelah berhubungan intim dengan penderita penyakit kelamin  ini;
  • Luka terlihat seperti lubang pada kulit dengan tepi yang lebih tinggi. Pada umumnya tidak terasa sakit;
  • Luka akan hilang setelah beberapa minggu, tetapi virus akan menetap pada tubuh dan penyakit kelamin ini dapat muncul berupa lecet-lecet pada seluruh tubuh Lecet-lecet ini akan hilang juga, dan virus akan menyerang bagian tubuh lain;
  • Syphilis dapat disembuhkan pada tiap tahapan dengan penicillin;
  • Pada wanita lesi dapat tersembunyi pada vagina.

VAGINISTIS

• Infeksi pada vagina yang biasanya menyebabkan keluarnya cairan dari vagina yang berbau dan menimbulkan ketidaknyamanan;
  • Disebabkan oleh berbagai jenis bakteri (bakteri gonorrhea, chlamydia) atau jamur;
  • Juga dapat disebabkan oleh berbagai bakteri tidak berbahaya yang memang menetap pada vagina;
  • Dapat diselidiki dengan meneliti cairan vagina tersebut dengan mikroskop;
  • Pada umumnya dapat disembuhkan dengan obat yang tepat sesuai dengan penyebabnya.

BISUL PADA ALAT KELAMIN

• Disebabkan oleh virus (Virus Human Papilloma atau HPV);
  • Muncul berupa satu atau banyak bisul atau benjolan antara sebulan sampai setahun setelah berhubungan intim dengan penderita penyakit kelamin tersebut;
  • Pada umumnya tidak dapat terlihat pada wanita karena terletak di dalam vagina, atau pada pria karena terlalu kecil. Dapat diuji dengan lapisan cuka;
  • Dapat berakibat serius pada wanita karena dapat menyebabkan kanker cervix;
  • Bisul pada kelamin ini dapat disembuhkan, wanita harus menjalankan pap smear setiap kali berganti pasangan intim.

KUTU KELAMIN

• Sangat kecil (lebih kecil atau sama dengan 1/8 inch), berwana kelabu kecoklatan, menetap pada rambut kemaluan;
  • Dapat disembuhkan dengan obat cair yang digosokkan pada rambut kelamin.

KUTU DI BAWAH KULIT

• Mirip dengan kutu kelamin, tetapi ukurannya lebih kecil dan menetap di bawah kulit;
  • Menyebabkan luka-luka kecil dan gatal di seluruh tubuh;
  • Diobati dengan obat cair yang diusapkan ke seluruh tubuh;
  • Pakaian, seprei dan handuk harus dicuci setelah pengobatan, karena kutu dapat menetap pada kain-kain terebut.

AIDS (ACQUIRED IMMUNE DEFICIENCY SYNDROME)/HIV DISEASE

• Penyakit kelamin akibat hubungan intim yang paling serius, menyebabkan tidak bekerjanya sistim kekebalan tubuh;
  • Tidak ada gejala yang nyata tanpa penelitian darah;
  • Dapat menyebabkan kematian setelah sepukuh tahun setelah terinfeksi virus HIV, tetapi pengobatan (red : tidak menyebuhkan secara total) telah ditemukan;
  • Disebarkan melalui hubungan intim dan pemakaian jarum suntik secara bersamaan.

Itulah sekilas jenis-jenis penyakit kelamin, baik yang bisa disembuhkan maupun yang tidak. Satu hal yang pasti : “Mencegah tentunya lebih baik dari pada mengobati!” – Jadi, waspadalah!

sumber: http://feedproxy.google.com/~r/Strov/~3/GccjvkzM20s/mengenal-penyakit-kelamin.html

Kata kunci artikel :

Macam-macam Penyakit Kelamin

Musim penghujan, rumah anda belum ada kanopinya? Lihat harga dan model terbaru => Daftar Harga!

Artikel yang terkait dengan Macam-macam Penyakit Kelamin :

Dapatkan update terbaru via Twitter @belajarpsikolog, atau ikuti komunitasnya di Facebook

48 Responses

1. jella says:

.dok,kemaluan saya kok ada gronjalan,itu penyakit apa dok???apa obatnya????

2. indra saputra says:

dok sya mau nanya, stelah saya berhubungan terlarang knp tiba” ari-ari sya terasa nyilu,? apkh itu trmsuk gjla HIV dok? dan knpa kaki sya mudah skli luka dok,? pdhl cuma gatal aja trs saya garuk ko bsa luka dan berdarah, pdhl biasa x gk prnh yg seperti itu, sya takut x klo itu gejala awal HIV,, pdhl sya paling anti dengan HIV, dan termasuk org yg sngt menjga kesehatan. pdhl wkt itu sya cuma mau nemenin teman sya aja dok buat boking. jablay, kok mlh saya jdi ikut terpengaruh jga, saya sangat menyesali x dok, dan berharap wkt bsa diulang lagi, agr gk terjadi yg begituan. apalagi saya golongan org yg terpelajar dan berpendidikan, dan sya melahkukan itu untuk yg pertama kali x dok,

3. rendy says:

Dok apakah sakit gonore atu siplis bsa menyebabkan kematian atu termasuk sakit HIV atu AIDS, dan bsakah di obati, klu bsa apa obatnya dok

4. obat sipilis says:

bagi yang butuh obat pms silahkan hubungi saya