PSIKOLOGI PENDIDIKAN : Pengertian Psikologi Pendidikan
ilmu akuntansi

Pengertian Psikologi Pendidikan

12

Pengertian Psikologi Pendidikan

Psikologi Pendidikan

Psikologi Pendidikan adalah ilmu yang mempelajari bagaimana manusia belajar dalam pendidikan pengaturan, efektivitas intervensi pendidikan, psikologi pengajaran, dan psikologi sosial dari sekolah sebagai organisasi. Psikologi pendidikan berkaitan dengan bagaimana siswa belajar dan berkembang, dan sering terfokus pada sub kelompok seperti berbakat anak-anak dan mereka yang tunduk pada khusus penyandang cacat .

Menurut Muhibin Syah (2002), pengertian psikologi pendidikan adalah sebuah disiplin psikologi yang menyelidiki masalah psikologis yang terjadi dalam dunia pendidikan. Sedangkan menurut  ensiklopedia amerika, Pengertian psikologi pendidikan adalah ilmu yang lebih berprinsip dalam proses pengajaran yang terlibat dengan penemuan – penemuan dan menerapkan prinsip – prinsip dan cara untuk meningkatkan keefisien di dalam pendidikan.

Pengertian Psikologi Pendidikan



Sedangkan menurut  Witherington, Pengertian Psikologi pendidikan adalah  studi sistematis tentang proses-proses dan faktor-faktor yang berhubungan dengan pendidikan manusia.

Tardif (dalam Syah, 1997: 13) juga mengatakan bahwa Pengertian Psikologi Pendidikan adalah sebuah bidang studi yang berhubungan dengan penerapan pengetahuan tentang perilaku manusia untuk usaha-usaha kependidikan.

Dari beberapa pendapat tentang psikologi pendidikan, kami mengambil kesimpulan bahwa Pengertian Psikologi Pendidikan adalah ilmu yang mempelajari  tentang perilaku manusia di dalam dunia pendidikan yang meliputi  studi sistematis tentang proses-proses dan faktor-faktor yang berhubungan dengan pendidikan manusia yang tujuannya untuk mengembangkan dan meningkatkan keefisien di dalam pendidikan.

Pengertian Psikologi Pendidikan

Musim penghujan, rumah anda belum ada kanopinya? Lihat => Harga Kanopi Baja Ringan!


Artikel yang terkait dengan Pengertian Psikologi Pendidikan :

Dapatkan update terbaru via Twitter @belajarpsikolog, atau ikuti komunitasnya di Facebook

12 Responses

  1. Dyah Ayu Agnes says:

    Terima kasih atas infonya, saya mau bertanya bagaimana cara para pendidik untuk mengembangkan dan meningkatkan keefisienan di dalam pendidikan?

    • abdul hadi says:

      cara nya latih terus dan nantinya secara alami akan ada perkembangan ,dan keefisienan itudari diri pendidik itu , kalau betul betul bisa menerapkan insa alloh bisa yaitu tugas tugas kita sebagai pendidik

  2. Jimin Ugah says:

    sangat membantu kefahaman tentang psikologi pendidikan.

  3. abdul hadi says:

    bagus terima kasih

Proudly designed by Theme Junkie.