Kanopi Baja Ringan Minimalis

Kanopi Baja Ringan – Kanopi bisa menjadikan sebuah rumah lebih nyaman dan sejuk. Banyak orang yang memperhitungkan jenis model kanopi rumah, kanopi model minimalis misalnya. Pada umumnya, masyarakat menggunakan kanopi berbahan kayu sebagai rangka atap rumah atau pun bagian garasi. Kanopi berbahan kayu ini memang terlihat cantik untuk eksterior, namun gampang lapuk akibat cuaca dan serangan rayap.

Bagi Anda yang ingin terhindar dari masalah tersebut, cobalah beralih ke kanopi baja ringan untuk rumah.Dengan adanya kanopi ini tentunya teras bisa lebih multifungsi. Selain dapat di gunakan untuk meletakkan jemuran, teras berkanopi juga bisa kita manfaatkan sebagai tempat parkir kendaraan. Bahkan dengan pemilihan model kanopi yang tepat sesuai dengan desain rumah pastinya dapat menambah estetika eksterior.

Harga Kanopi Baja Ringan Minimalis Terbaru 2019

Pemasangan kanopi dengan rangka bata ringan membuat dapat meminimalisir pengeluaran biaya, karena kanopi rangka baja ringan lebih murah dari besi ataupun bahan yang lainnya. Untuk kekuatan tidak kalah dengan material besi. Berikut adalah daftar harga kanopi minimalis baja ringan :

  • Harga Kanopi Rangka Baja Ringan atap Spandek Rp. 325.500
    Rangka Baja Ringan Double, menggunakan atap Spandek, Harga merupakan per meter persegi
  • Harga Kanopi Rangka Baja Ringan atap Go Green Rp. 310.500
    Rangka Baja Ringan Double, menggunakan atap Multigreen, Harga merupakan per meter persegi
  • Harga Kanopi Rangka Baja Ringan atap Onduline Rp. 365.500
    Rangka Bata Ringan Double, menggunakan atap Onduline, Harga merupakan per meter persegi
  • Harga Kanopi Rangka Baja Ringan atap Twinlite Rp. 425.500
    Rangka Bata Ringan Double, menggunakan atap Twinlite, Harga merupakan per meter persegi
  • Harga Kanopi Rangka Baja Ringan atap Solarlite Rp. 365.500
    Rangka Baja Ringan Double, menggunakan atap Solarlite, Harga merupakan per meter persegi
  • Harga Kanopi Rangka Bata Ringan atap X-Lite Rp. 355.500
    Rangka Bata Ringan Double, menggunakan atap X-Lite, Harga merupakan per meter persegi
  • Harga Kanopi Rangka Baja Ringan atap Alderon Rp. 535.500
    Rangka Bata Ringan Double, menggunakan atap Alderon, Harga merupakan per meter persegi

Update harga terbaru :

Telp. o21-29430440

Klik HP/WA : 087882545983

Dengan semakin langka dan mahalnya harga material kayu saat ini, tidak dapat dipungkiri lagi kontruksi bangunan atau bangun rumah dengan kanopi Rangka bata ringan selain membantu pemerintah dalam menjaga kelestarian hutan, ternyata penggunaan kanopi rangka bata ringan ini telah menghemat biaya, waktu pengerjaan suatu bangunan.Saat ini telah banyak produsen yang memproduksi material bata ringan ini dengan profil yang berbeda bentuk atau cetakannya. Maka dari itu, sangat penting untuk memilih material bata ringan yang kuat berdasarkan perhitungan struktur bentuk profilnya dalam pembuatan kanopi.

harga kanopi baja ringan minimalis per meter

Contoh Model Kanopi Baja Ringan Minimalis

Berbicara mengenai model kanopi teras depan rumah tentunya setiap orang memiliki selera yang berbeda-beda. Ada yang suka dengan kanopi cembung, tapi disisi lain juga ada yang suka kanopi flat dengan garis tegasnya yang tajam. Apa saja opsinya yang jelas sesuaikan dengan desain rumah Anda. Berikut beberapa contoh model kanopi minimalis untuk teras depan rumah untuk Anda :

1. Kanopi Minimalis Model Flat

kanopi baja ringan minimalis

2. Kanopi Minimalis Model Kuda-Kuda

kanopi baja ringan minimalis kuda-kuda

3. Kanopi Minimalis Tanpa Tiang

kanopi baja ringan tanpa tiang

Berbeda dengan baja konvensional, bata ringan adalah jenis baja mutu tinggi yang memiliki sifat ringan dan tipis, akan tetapi memililki fungsi setara baja konvensional. Rangka atap bata ringan digunakan untuk memudahkan pemasangan dan konstruksi. Meskipun tipis, bata ringan mempunyai derajat kekuatan tarik 550 Mpa, sedangkan baja biasa sekitar 300 Mpa. Kekuatan tarik dan tegangan ini dimaksudkan untuk mengompensasi bentuknya yang tipis.

Kekurangan dan Kelebihan Kanopi Baja Ringan Minimalis

Untuk tren menggunakan rangka baja ringan tersebut diprediksi akan bertahan lama. Dapat dibayangkan apabila orang masih menggunakan kayu, berapa banyak lagi pohon yang ditebang. Apalagi dengan kemajuan zaman dan teknologi tinggi, masyarakat ingin serba cepat dan praktis. Berikut adalah kekurangan dan kelebihan menggunakan bahan bata ringan :

Kekurangan Baja Ringan

  1. Kanopi bata ringan tidak bisa diekspos seperti rangka kayu sistem rangka kayu,sistem rangkanya yang berbentuk seperti jaring kurang menarik bila tanpa penutup plafond.
  2. Strukturnya yang seperti jaring maka bila ada salah satu bagian struktur yang salah hitung ia akan menyeret bagian lainnya.
  3. Kanopi bata ringan tidak sefleksibel kayu yang dapat dipotong dan dibentuk berbagai profil. Pada konstruksi kanopi melengkung akan lebih mudah bila konstruksinya menggunakan rangka besi pipa.
  4. Tidak adanya presisi pada garis level pasangan dinding bata atau balok beton yang menjadi tempat dudukan kuda-kuda kanopi baja ringan tersebut.

Kelebihan Baja Ringan

  1. Bata ringan lebih ringan jika dibandingkan dengan bahan yang lain
  2. Bata ringan bersifat tidak membesarkan api (non-combustile)
  3. Anda tidak perlu kuatir masalah rayap
  4. Bata ringan tidak akan menyusut
  5.  Tidak perlu dicat
  6. Kesalahan saat pemasangan bisa diminimalisasi
  7. Kekuatan bata ringan bisa sampai 10 tahun
  8. Pemasangan cepat dan efisien
  9. Bebas biaya pemeliharaan

Lifetime Baja Ringan

Life time adalah umur rencana dari bahan suatu konstruksi dengan memikul beban maksimum yang bekerja atau diterima sesuai dengan perencanaan pembebanan. Life time expaction rangka atap bata ringan diukur berdasarkan life time bahan baja lapis ZINCALUM khususnya keausan terhadap korosi. Life time expectation baja lapis ZINCALUM ini dari penelitian yang dilakukan di udara terbuka, dapat disimpulkan bahwa life time expactation bata ringan untuk daerah-daerah :

  • Rural atau daerah pegunungan yitu 100 tahun
  • Mild marine atau daerah tepi pantai (0-200 m) dari laut yaitu 28 tahun.

Industrial marine atau daerah tepi pantai dan terdapat industri berat adalah 18 tahun. Server marine atau daerah untuk tepi pantai yang sangat korosif (0-50 m) dari laut yaitu 2,8 tahun.

Cara Membuat Kanopi Baja Ringan Minimalis

Proses pembuatan kanopi baja ringan ini membutuhkan waktu kurang lebih 1 hingga 2 hari tergantung dari luas kanopi yang akan dipasang, untuk proses dan tahapan dalam pembuatan kanopi seperti berikut :

1. Tahap pembuatan tiang-tiang penyangga

Hal pertama yang perlu dilakukan sebelum hendak memasang kanopi yaitu membuat tiang-tiang penyangganya. Material yang digunakan yaitu bata ringan profil c75. Jumlah tiang kanopi disesuaikan dengan kebutuhan dan dimensi kanopi itu sendiri. Hal yang perlu diperhatikan yaitu ketinggian tiang penyangga. Tinggi tiang kanopi harus menciptakan kemiringan supaya air mudah mengalir dari atap.

Pengukuran kemiringan atap bisa dilakukan dengan menggunakan water pass atau alat ukur tiang. Apabila tiang sudah selesai dirangkai, selanjutnya tiang ditegakkan dan di rangkai dengan menggunakan profil c75 bata ringan. Setelah tiang kanopi sudah tegak, kita baru dapat memasang penyiku dari sisa material baja ringan.

2. Tahap pemasangan kasau

Apabila tiang kanopi sudah selesai dirangkai, tahap selanjutnya yang dapat kita lakukan adalah memasangkan profil c75 dengan jarak 120 cm diantara kasau satu dengan yang lainnya. Semakin rapat profil c75 maka semakin kokoh pula konstruksinya.

3. Tahap pemasangan atap dan reng

Begitu kasau profil c75 sudah terpasang dengan rapi, selanjutnya adalah tahap pemasangan reng 33 dan juga atap. Jarak antara reng satu dengan yang lainnya dapat disesuaikan dengan panjang atap yang akan di pasang. Apabila Anda menggunakan atap spandek sebagai penutupnya, maka reng yang dipasang sebanyak tiga buah, untuk bagian ujung, tengah dan satu ujung lainnya.

Pemesanan dan info harga kanopi baja ringan minimalis :

ASIA Bengkel Las

Jl. Pos Polisi No.9A, Kapuk, Cengkareng, Jakarta Barat

Email : asiabengkellas@gmail.com

Website : asiabengkellas.co.id

Telp. o21-29430440

Klik HP/WA : 087882545983